• A. Deskripsi Matakuliah

    Memberikan pemahaman dan ketrampilan tentang perancangan dan pembuatan laporan keuangan dengan menggunakan spread sheet excel.

  • Deskripsi Matakuliah

    Pembahasan materi dalam matakuliah ini meliputi: ruang lingkup dan gambaran umum ekonomi makro, pendapatan nasional, teori konsumsi, teori investasi, analisis pendapatan nasional dalam perekonomian terturup dan terbuka, teori multiplier, uang dan kebijakan moneter.

  • Deskripsi Matakuliah
    Manajemen investasi adalah studi yang mendalam tentang teori dan praktek funds management. Mahasiswa pertama kali akan mengembangkan pengetahuan teoritis tentang penilaian aset, efisiensi pasar dan funds management. Kemudian mahasiswa akan dihadapkan pada industri funds management dan memerlukan aplikasi pengetahuan teoritis mereka untuk mengerti proses pengembangan, pengolahan dan pengevaluasian aset. Mahasiswa akan mempraktekkan pengembangan Investment Policy Statement untuk investor, meramalkan berbagai macam kelas aset dalam perekonomian dan mampu menciptakan alat investasi untuk memuaskan investor. Mahasiswa juga akan mempelajarai berbagai strategi untuk mengolah dana, mengevaluasi kinerja dan benchmarking. Ekuitas, Fixed Income Securities, komoditi, real estate, dana alternatif, emerging, developing dan developed markets akan dipelajari juga dalam pembentukan portofolio.

  • Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan tentang teori, konsep dan teknik maupun metode yang ada dalam manajemen keuangan.

  • Mata kuliah ini merupakan mata kuliah mengenai praktek sistem informasi akuntansi kepada mahasiswa yang meliputi praktek desain sistem informasi akuntansi empat siklus transaksi dalam proses bisnis, penggunaan teknik flow chart untuk desain dan menganalisis sistem informasi akuntansi.

  • Matakuliah ini memberikan pengetahuan dasar-dasar hukum pelaksanaan perpajakan Indonesia, perubahan peraturan perundangan dan reformasi perpajakan. Matakuliah ini melibatkan mahasiswa kedalam beberapa aktivitas pembelajaran, meliputi : team work participation, classroom presentation based on library and empirical research, menganalisis beberapa kasus dan pemecahannya.
  • Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep-konsep dasar manajemen, fungsi-fungsi manajemen, dan memberikan gambaran realistik keterlibatan manajer dalam pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.
  • Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai akuntansi bank saat ini dengan menggabungkan aspek konsep-teoritis dan regulasi dalam transaksi rupiah.
  • Matakuliah ini berguna bagi mahasiswa yang ingin memiliki pemahaman dan ketrampilan dasar dalam mencatat transaksi-transaksi untuk pengakuan dan penilaian akun-akun neraca serta penyajiannya dalam laporan keuangan

  • Mata kuliah ini dirancang untuk memberi kemampuan mengenai metodologi penelitian ilmiah, serta mampu mengaplikasikannya.
  • Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang proses akuisisi perusahaan pada perusahaan lain, penyusunan laporan konsolidasi, metode akuntansi investasi induk dan isu-isu lain pada penyusunan laporan konsolidasi
  • Deskripsi Mata Kuliah:

    Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentangakuntansi dasar yang diterapkan dalam perusahaan. Mata kuliah ini memberikan penjelasan mengenai siklus akuntansi baik pada perusahaan jasa maupun perusahaan dagang.

  • Aspek hukum dalam ekonomi adalah matakuliah yang bertujuan untuk mengkaji kebijakan dan hubungan hukum ekonomi dan bisnis yang memiliki konsekuensi hukum untuk mengaturnya
  • Mata kuliah Akuntansi Biaya ini dirancang untuk membekali mahasiswa memiliki kemampuan yang memadai di dalam menentukan/menghitung, dan menyajikan laporan harga/beban pokok produksi suatu produk perusahaan, baik produk tersebut dihasilkan untuk memenuhi persediaan maupun memenuhi permintaan/pesanan


  • Setelah menempuh matakuliah Budgeting, mahasiswa memiliki kompetensi dalam keahlian berkarya yaitu menyusun anggaran perusahaah.

  • Mata kuliah ini bermaksud membahas penggabungan usaha, penyesunanan laporan konsolidasi sesaat setelah penggabungan usaha, konsolidasi setelah penggabungan usaha, dan alternatif metode akuntansi untuk investasi induk di anak perusahaan, isu kepemilikan konsolidasi, serta lain dalam pelaporan konsolidasi
  • Sistem pengendalian manajemen adalah alat untuk mengimplementasikan strategi yang berfungsi untuk memotivasi anggota-anggota organisasi guna mencapai tujuan organisasi (Anthony dan Govindarajan, 2002; Chow, Shields dan Wu, 1999). SPM adalah proses yang menghubungkan antara perencanaan strategik dan kontrol operasional (Otley, Broadbent & Berry, 1995). Sistem Pengendalian Manajemen bertujuan untuk menyediakaninformasi yang berguna dalam pengambilan keputusan, perencanaan dan evaluasi (Widener, 2007; Merchant & Otley, 2007). Proses yang menghubungkan antara perencanaan strategis dan kontrol operasional (Otley, Broadbent & Berry, 1995). Sistem pengendalian manajemen bertujuan untuk menyediakan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan, perencanaan dan evaluasi (Widener, 2007; Merchant & Otley, 2007).


  • Mata Kuliah ini membahas tentang fungsi dan peran Bank Indonesia sebagai bank sentral, lembaga keuangan Bank dan Bukan Bank serta lembaga keuangan mikro.

  • Pembahasan materi dalam mata kuliah ini meliputi konsep dasar ilmu ekonomi dan ekonomi mikro, kegiatan ekonomi, nilai dan harga, permintaan, penawaran, elastisitas, perilaku konsumen, perilaku produsen (terori produksi dan teori biaya), pasar produk dan pasar sumber serta pembentukan harga dan pemaksimalan profit dalam berbagai bentuk pasar, efisiensi, eksternalitas, dan barang publik.


  • This course is designed to provide a support system for accounting students to be able to have a deep understanding of numerical measurement in the area of business and management. berkedip Descriptive Statistics is an entry requirement for the next statistical course named Inferential statistics. Students who want to enroll in Inferential Statistics need to pass this course (descriptive statistics) first.

  • Mata kuliah ini membahas penerapan konsep yang telah dibahas di matakuliah auditing I yang meliputi prosedur audit terhadap siklus transaksi penerimaan dan pengeluaran termasuk terhadap perkiraan yang terdapat didalam laporan keuangan. Pembahasan dalam mata kuliah ini juga menerapkan prosedur pengujian terhadap sampel, kertas kerja serta aspek lain dalam rangka penyelesaian audit dengan menerapkan penggunaan teknik statistik maupun aplikasi electronic data processing.
  • Matakuliah Pengantar Akuntansi I memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa untuk menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang melalui suatu siklus Akuntansi. Oleh sebab itu, matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan menganalisis, mencatat, mengklasifikasikan informasi keuangan serta menyusun Laporan Keuangan untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Matakuliah ini menjadi pengetahuan dasar untuk matakuliah lain yang memerlukan pengetahuan akuntansi sebagai dasar pemahaman.


  • This course is designed for students to build their English competency in business and economic communication in both oral and written manners.In that, the course mainly covers the provision of opportunities to students for developing their reading, speaking, and writing skills, appropriately needed for conducting a sound daily business and economic communication. The course is characterized with an intensive involvement (treatment) of individual student in the course process.


  • Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai audit manajemen yang berdasarkan pada ekonomisasi, efisiensi dan efektivitas atas pengelolaan perusahaan dengan cara mengevaluasi kinerja manajemen perusahaan dan menganalisis permasalahan dalam manajemen perusahaan serta memberikan rekomendasi pemecahan masalah. Disamping itu, matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan proses audit manajemen berdasarkan kasus yang dihadapi.