1. Diberikan beberapa skema perkembangan sastra Arab, mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan sastra Arab dari waktu ke waktu dengan baik.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep teoretis perkembangan sastra Arab di masing-masing periode .
  3. Diberikan beberapa contoh karya sastra Arab, mahasiswa dapat mengidentifikasi karakteristik karya sastra tersebut dengan benar di berbagai unsur pembangunnya.
  4. Mahasiswa dapat mengenalkan tokoh-tokoh sastrawan Arab dan karya-karya yang dihasikandengan baik. 

M


  1. Diberikan beberapa kasus pembelajaran bahasa Arab untuk anak di SD/MI, mahasiswa dapat menjelaskan karkteristik anak dan konsep pembelajaran bahasa untuk anak dengan baik.
  2. Mahasiswa dapat merancang strategi pembelajaran yang relevan dengan karateristik anak untuk penguasaan kemahiran tertentu .
  3. Diberikan satu kasus penggunaan media pembelajaran, mahasiswa dapat menilai kelebihn dan kekurangan media tersebut dengan baik.
  4. Mahasiswa dapat membuat dan menggunakan media tersebut dalam proses belajar mengajar dengan baik. 

Mahasiswa memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam. Topik bahasannya meliputi: (1) konsep ketuhanan dalam Islam, (2) hakekat manusia menurut Islam, (3) hukum, hak asasi manusia, dan demokrasi dalam Islam, (4) etika, moral, dan akhlak, (5) ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam Islam, (6) kerukunan antarumat beragama, (7) masyarakat madani dan kesejah­teraan umat, dan (8) kebudayaan Islam dan sistem politik Islam. Kegiatan: ceramah, diskusi, observasi, dan presentasi.

Mahasiswa memahami kerangka teoritik  pembelajaran baca tulis huruf Arab dan  mampu menerapkannya dalam proses belajar-mengajar. Topik bahasannya meliputi: pendekatan dan metode  pembelajaran membaca huruf Arab, pendekatan konstruktivis, pendekatan behavioristik dalam pembelajaran baca tulis huruf Arab, Metode pembelajaran baca tulis huruf Arab berdasarkan buku iqra`, qira`ati, dan amtsilati, Penerapan pembelajaran baca tulis huruf Arab. Kegiatan: ceramah, presentasi, dan praktik.

Mahasiswa dapat menguasai beberapa teori kajian prosa dan menerapkan teori tersebut dalam analisis cerpen, novel Arab modern, dan atau teks Al-Quran secara ilmiah. Pokok bahasannya meliputi teori struktural, teori semiotik, teori sosiologi, teori feminis, dan teori stilistika, serta metode analisis dan aplikasinya. Kegiatan: analisis dan presentasi.


Mahasiswa menguasai konsep teoretis ilmu bayan dan badi’, menganalisis teks, dan menerapkannya secara produktif sesuai dengan teori. Pokok Bahasan meliputi tasybih, majaz, kinayah, muhassinat lafdhiyyah, muhassinat ma’nawiyyah, dan ekuivalensi stilistika Arab dan non Arab. Kegiatan:  menganalisis dan membuat kalimat berdasarkan teori, serta display produk.


Mahasiswa menguasai konsep teoretis ilmu Ma’ani, menganalisis teks, dan menerapkannya secara produktif sesuai dengan teori. Pokok Bahasan meliputi balaghah dan fashahah, kalam khabar dan kalam insya’, fashal dan washal, qashr, ijaz, ithnab, dan musawah, serta ekuivalensi ma’ani dan pragmatik. Kegiatan: menganalisis dan membuat kalimat berdasarkan teori, serta display produk.

perkuliahan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menguasai beberapa teori kajian puisi dan menerapkan teori tersebut secara ilmiah dalam analisis sajak (bahasa Arab: qashidah), utamanya qashidah Arab modern. Pokok bahasannya meliputi teori struktural, teori semiotik, dan teori stilistika, serta metode analisis dan aplikasinya. Kegiatan: analisis dan unjuk kerja.